Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024 (Special Issue)

STRATEGI GURU MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS DALAM MENCAPAI HASIL BELAJAR PKN DI SMA NEGERI 18 MALUKU TENGAH

Nakul, Risnawati (Unknown)
Abas, Aisa (Unknown)
Sialana, F (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Strategi Guru Menerapkan Pembelajaran Berbasis HOTS Dalam mencapai Hasil Belajar PKn di SMA Negeri 18 Maluku Tengah. tujuan dalam penelitian ini, tidak lain adalah untuk mengkaji dan mengungkapkan lebih dalam mengenai Strategi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis HOTS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu gambaran atau lukisan secara sistematis faktual dan akurat tentang fakta-fakta dilapangan yang berhubungan dengan hal-hal dilapangan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses pembelajaran berbasis HOTS dapat diterapkan dengan menggunakan 3 cara yaitu pendahuluan, inti, penutup, dengan awalnya pendahuluan guru masuk dikelas memberikan salam cek seluru keadaan Rungan dan siswa kemudian guru melakukan Apersepsi karena HOTS sangat terlihat saat melakukan Apersepsi, inti guru melakukan proses pembelajaran cerama dan mengunakan metode, diskusi, presentasi,tanya jawab, membuat tugas dan pada kegiatan penutup guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan materi yang telah diberikan. Siswa juga harus mempersiapkan diri untuk melakukan proses pembelajaran berbasis HOTS. Pembelajaran berbasis HOTS juga memberikan dampak baik terhadap ketuntasan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...