Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ajar berupa KADO RAYA (Kartu Domino Ragam Budaya) yang dibuat melalui aplikasi canva dan untuk menjelaskan keefektifan media KADO RAYA dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Masbagik Timur. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model Borg & Gall. Teknik dalam mengumpulkan data melalui wawancara, angket, dan tes yakni pre-test dan post-test. Data dianalisis menggunakan data validasi dan analisis uji-t. Hasil penelitian ini berupa produk KADO RAYA (Kartu Domino Ragam Budaya) dengan penilaian uji kelayakan produk dari ahli media sebesar 97,5% dengan kategori sangat valid dan layak, dari ahli materi sebesar 100% dengan kategori sangat valid dan layak, sedangkan hasil penilaian siswa pada uji coba skala kecil sebesar 94,5%, dan hasil validasi ahli praktisi sebesar 100%, validasi ahli soal sebesar 95% dengan kategori sangat valid. Terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media KADO RAYA yang ditunjukkan dengan hasil nilai pre-test dan post-test menggunakan rumus uji-t yang memperoleh hasil lebih besar dari pada yakni 8,738 2,051. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan media KADO RAYA sangat efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Masbagik Timur.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024