Sistem pembelajaran Indonesia sekarang berfokus pada penguatan keterampilan abad ke-21, salah satunya keterampilan berpikir kritis. Keterampilan ini mampu membuat peserta didik memperoleh pengetahuan baru melalui proses kerja sama dan pemecahan masalah serta berfokus pada proses belajar daripada pencapaian pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas lembar kerja peserta didik berbasis kearifan lokal batik tulis gedog dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik antara sebelum dan sesudah diaplikasikan lembar kerja peserta didik berbasis kearifan lokal batik tulis gedog. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data penelitian menggunakan metode tes keterampilan berpikir kritis yang diujicobakan kepada peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 di SMA Negeri 1 Kerek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas lembar kerja peserta didik berbasis kearifan lokal ditinjau dari peningkatan hasil pre-test dan post-test peserta didik. Peningkatan skor rata-rata kelas eksperimen sebesar 33,09 dengan nilai n-gain 0,52 berkategori sedang. Sedangkan peningkatan skor rata-rata kelas replikasi sebesar 26,7 dengan nilai n-gain 0,41 berkategori sedang juga. Dengan demikian, disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik berbasis kearifan lokal batik tulis gedog dinyatakan cukup efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan kategori peningkatan sedang.
Copyrights © 2024