Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi khususnya pada pokok bahasan ekosistem telah menimbulkan keprihatinan tersendiri bagi guru yang bersangkutan. Oleh karena itu perlu dicari solusi tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model Active Observation and Feedback terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem di kelas VII SMP. Penelitian telah dilaksanakan di SMP mulai dari tanggal 31 Maret sampai tanggal 12 April 2014. Subjek penelitian adalah kelas VII B dengan jumlah siswa 32 orang. Data dianalisis secara statistik menggunakan uji Z. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model Active Observation and Feedback berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari prosentase hasil belajar siswa kelas VII B sebesar 75% dengan kriterian standar deviasi sebesar 11,44, pada uji homogenitas diperoleh skor Fhitung 1,21 dan Fdaftar 1,86 serta pada Zhitung 6,13 dan Ztabel 18,38. Hasil belajar siswa menggunakan model Active Observation and Feedback meperoeh rata-rata 71,09, skor tertinggi 85 dan skor terendah 55. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pengunaan model Active Observation and Feedback berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem.
Copyrights © 2024