Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

KINERJA LAYANAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN: TANTANGAN DAN SOLUSI

M Harry Mulya Zein (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)
Anugerah Pratama Hustoto (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)
Sisca Septiani (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan administrasi kepegawaian di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Sungai Penuh, dengan fokus pada dimensi kualitas pelayanan berdasarkan teori Kotler, yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan di BKPSDM sudah cukup memadai dari segi sarana dan prasarana, lokasi yang strategis, serta kebersihan dan kenyamanan ruangan. Namun, terdapat beberapa hambatan seperti kurangnya jumlah petugas, ketiadaan ruang pelayanan khusus, dan ketidakaktifan website. Upaya perbaikan termasuk penambahan jumlah pegawai, pengaktifan website, serta peningkatan kompetensi pegawai melalui diklat. Dengan mengatasi hambatan-hambatan ini, diharapkan BKPSDM dapat meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kepegawaian yang lebih efisien dan responsif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...