Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN MELALUI METODE DISKUSI DI KELAS IV SDN BESKALAN SURAKARTA

Handayani, Sri (Unknown)
Utomo, Arief Cahyo (Unknown)
Undari, Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2024

Abstract

Tujuan Penelitian adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan materi mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya di Indonesia menggunakan metode diskusi di kelas IV SDN Beskalan Surakarta. Berdasarkan hasil pengamatan terdapat peserta didik yang mendapatkan hasil belajar dibawah KKM yaitu 75. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kesulitan dalam memahami materi mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial dan budaya di Indonesia yang diajarkan sehingga peserta didik merasa bingung dan tidak tertarik pada pembelajaran yang berakibat menurunnya hasil belajar. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan tes dan non tes. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi persentase peserta didik tuntas pada pra-siklus = 22 %, siklus I = 57 %, siklus II = 87 %. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode diskusi pada peserta didik kelas IV SDN Beskalan Surakarta terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...