Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

KONTRIBUSI DUKUNGAN ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS XI SMK N 3 PADANG

A, Honesty Puti W, (Unknown)
Dianto, Mori (Unknown)
Mulyani , Rila Rahma (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya peserta didik yang kurangnya dukungan orangtua terhadap hasil belajar peserta didik. Dukungan sosial orangtua diduga merupakan faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, baik positif maupun negatif. Dukungan orangtua dalam mewujudkan suasana belajar kepada peserta didik sangat mempengaruhi karena pada umumnya peserta didik masih tergantung pada kedua orangtuanya, baik dukungan moral maupun materi. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan seluruh peserta didik kelas XI sebagai populasi sebanyak 427 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 103 peserta didik. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data dalam penelitian ini adalah persentase dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Dukungan orangtua berada pada kategori tinggi. 2) Hasil belajar peserta didik SMK N 3 Padang berada pada kategori tinggi. 3) Adanya kontribusi dukungan orangtua terhadap hasil belajar peserta didik SMK N 3 Padang sebesar 57%. Penelitian ini direkomendasikan agar dukungan orangtua yang tinggi mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...