Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan yang menunjukkan mutu sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban masih rendah. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional Guru dan Kualitas Sarana Prasana merupakan faktor yang mempengaruhi mutu sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ex post facto. Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap mutu sekolah dasar yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y= 4,714 + 0,966X1. dengan kontribusi sebesar 98,8%; (2) terdapat pengaruh kompetensi profesional guru terhadap mutu sekolah dasar yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y= 4,479 + 0,674X2, dengan kontribusi sebesar 98,8%; (3) terdapat pengaruh kualitas sarana prasarana terhadap mutu sekolah yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana Y= 0,228+0,996X3 dengan kontribusi sebesar 96,1%; dan (4) terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah kompetensi profesional guru dan kualitas sarana prasarana secara bersama-sama terhadap mutu sekolah dasar yang dinyatakan dengan persamaan regresi ganda Y= 2,866+0,497X1+0,210X2+0,181X3 dengan kontribusi sebesar 99,1%.
Copyrights © 2024