Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

MANAJEMEN DAYAH DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI ULUMUL ISLAM PANTON LABU KABUPATEN ACEH UTARA

M. Yusuf M Amin (Universitas Almuslim)
Najmuddin Najmuddin (Universitas Almuslim)
Iskandar Iskandar (Universitas Almuslim)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana manajemen dayah dapat memperkuat pendidikan karakter di Dayah Ulumul Islam Pantonlabu, Kabupaten Aceh Utara. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen terkait kebijakan pendidikan karakter di dayah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian dalam program penguatan pendidikan karakter telah dilakukan dengan cermat dan sistematis. Dukungan dari berbagai pihak, termasuk pimpinan dayah, guru, santri, serta orang tua dan masyarakat, sangat penting dalam keberhasilan program ini, meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan keragaman latar belakang santri. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen dayah memiliki peran yang signifikan dalam penguatan pendidikan karakter, yang terbukti melalui peningkatan nilai-nilai karakter di kalangan santri. Penelitian ini merekomendasikan agar dayah terus mengembangkan strategi yang lebih adaptif dan inovatif untuk menjaga relevansi dan efektivitas pendidikan karakter di masa depan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...