Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh guru di SD 060911 dalam meningkatkan apresiasi siswa terhadap karya sastra lokal. Studi kasus kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru, serta menyebarkan angket kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi, yaitu guru membacakan cerita rakyat dari karya sastra lokal secara nyaring di depan kelas. Setelah itu, guru mengajak siswa berdiskusi tentang isi cerita, tokoh-tokoh, dan pesan moral yang terkandung di dalamnya. Guru Menggunakan Media Visual dan Audio dalam pembelajaran. Media ini dapat membantu siswa untuk memahami dan membuat pembelajaran lebih menarik. Strategi ini berhasil meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai budaya yang terkandung dalam karya sastra lokal. Selain itu, guru membuat sudut perpustakaan di kelas yang khusus menyediakan koleksi buku karya sastra lokal, sehingga siswa bisa membaca dan meminjam buku dengan mudah. Penelitian ini memberikan pendekatan efektif dalam menumbuhkan apresiasi siswa terhadap karya sastra lokal, dalam upaya pelestarian budaya lokal melalui pendidikan sastra, serta menunjukkan bahwa metode pembelajaran interaktif dapat meningkatkan minat dan apresiasi siswa terhadap karya sastra lokal. Peran aktif guru juga penting dalam merancang kegiatan pembelajaran yang menarik dan bermakna.
Copyrights © 2024