Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI LOGIKA DI SMK PAB 4 KLUMPANG

Aninda, Ismi Nurul (Unknown)
Sari, Dewi Purnama (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kemampuan siswa kelas sebelas di SMK PAB 4 Klumpang untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah yang melibatkan logika dalam matematika. Ini adalah pendekatan kualitatif untuk penelitian. Dalam penelitian ini, 21 siswa dari sebelas kelas menjadi subjek, dengan 6 siswa dipilih karena mereka memenuhi kriteria untuk subjek penelitian berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kritis (kuat, sedang, dan lemah). Peneliti menemukan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa bervariasi dalam kategori rendah, sedang, dan tinggi. Dibandingkan dengan mereka yang memiliki keterampilan berpikir kritis lemah, mereka yang memiliki kemampuan berpikir kritis kuat lebih mampu mengidentifikasi masalah, merumuskan hipotesis, dan mengevaluasi solusi. Meskipun memiliki keterampilan analitis yang baik, siswa sering kali kesulitan dalam mengevaluasi solusi, meskipun mereka mampu berpikir kritis. Siswa dengan keterampilan berpikir kritis lemah akan selalu kesulitan dalam semua bidang berpikir kritis, terutama dalam hal mengidentifikasi dan menjelaskan masalah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...