Penelitian bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan model Discovery Learning dengan menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Pendidikan pancasila peserta didik kelas V SD Negeri Pao-Pao di Kabupaten Gowa, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar setelah menerapkan Discovery Learning menggunakan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dalam pembelajaran pendidikan pancasila peserta didik kelas V di SD Negeri Pao-Pao Kabupaten. Penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan dalam II siklus. Setiap siklus ini terdiri dari satu kali pertemuan, dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Poa-Poa Kabupaten Gowa yang berjumlah 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data di dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan peserta didik, lembar tes yang diberikan kepada peserta didik setelah pembelajaran dan dokumentasi. Data yang didapatkan dalam penelitian dianalisis menggunakan deskriptif (persentase) dan nilai rataan (mean). Hasil dari penelitian dilihat dari hasil penerapan Model Discovery Learning dan Pendekatan Culturally Responsive Teaching meningkatkan hasil belajar siswa, mengubah interaksi dalam kelas, menumbuhkan minat, motivasi serta membuka kesempatan siswa untuk berinteraksi dengan baik sehingga materi yang diberikan dapat tertanam dengan kuat dalam pikiran siswa dengan nilai rata-rataan hasil belajar meningkat dari 63,79 di siklus 1 dan meningkat menjadi 81.06 di siklus II, dengan nilai tertinggi 85 di siklus 1 dan nilai tertinggi 100 pada siklus II sehingga dapat dinyatakan bahwa penerapan model Model Discovery Learning dan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila.
Copyrights © 2024