Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP PAB 1 KLUMPANG

Ningrum, Friska Mawar (Unknown)
Harahap, Azizah Yusra Amaliyah (Unknown)
Sari, Dewi Purnama (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk (1) menganalisis kemampuan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmetika sosial ulasan dari gaya kognitif Field Independence dan, (2) Untuk menganalisis kemampuan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada materi aritmetika sosial review dari gaya kognitif Field Dependence. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subyek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII di SMP PAB 1 Klumpang. Objek dalam penelitian ini yaitu menyelesaikan soal cerita pada materi aritematika sosial ditinjau dari gaya kognitif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi matematis peserta didik Field Independence pada kelompok atas mampu mengubah ke bentuk representasi matematis visual atau gambar, persamaan atau ekspresi matematis dan kata-kata atau teks tertulis yang diminta, pada kelompok sedang mampu mengubah representasi matematis persamaan atau ekspresi matematis dan kata-kata atau teks tertulis, sedangkan pada kelompok rendah tidak mampu mengubah ke dalam tiga representasi matematis yang diminta

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...