Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan instrumen penilaian media pembelajaran bahasa Arab yang terstandarisasi dan 2) mengetahui tingkat kelayakan instrumen penilaian media pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang terdiri dari tiga tahap dari Thiagarajan, yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Development (pengembangan). Subjek penelitian adalah ahli media, ahli instrumen, dan siswa. Hasil penelitian ini dijadikan dokumen dengan Hak Cipta sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Produk instrumen penilaian media pembelajaran bahasa Arab yang dihasilkan sudah sesuai dengan karakteristik pengguna dan validator. Hasil penilaian ahli media terhadap instrumen yang dikembangkan dikategorikan sangat layak. Hasil penilaian pengguna terhadap instrumen penilaian media pembelajaran bahasa Arab adalah layak. Jadi, secara keseluruhan penilaian terhadap instrumen penilaian disimpulkan sangat layak untuk disebarluaskan. Instrumen penilaian media pembelajaran bahasa Arab direkomendasikan untuk digunakan di perguruan tinggi yang fokus pada penelitian dan pengembangan produk multimedia pembelajaran. Instrumen penilaian media pembelajaran bahasa Arab dapat disebarluaskan kepada civitas akademika kampus agar pengguna dapat mengetahui keefektifan dan kebermanfaatannya dalam penelitian selanjutnya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024