Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING DAN MEDIA WAYANGAN UNTUK SISWA KELAS V SD DJAMA’ATUL ICHWAN SURAKARTA

Arfianti, Rosa Kusuma (Unknown)
Supriyono, Supriyono (Unknown)
Syafi’i, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan media wayangan di kelas V SD Djama’atul Ichwan Surakarta. Berdasarkan hasil pre-test, hanya 28,57% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM), menunjukkan bahwa metode konvensional yang digunakan sebelumnya kurang efektif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Model Discovery Learning dipadukan dengan media wayangan yang dekat dengan budaya siswa untuk meningkatkan minat dan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan, di mana pada siklus pertama 67,85% siswa mencapai KKM, dan pada siklus kedua meningkat menjadi 93%. Penggunaan model Discovery Learning berbantuan media wayangan terbukti efektif dalam menciptakan pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, serta meningkatkan hasil belajar siswa secara keseluruhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...