Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa dengan dengan menggunakan media video interaktif pada siswa kelas V SD Kristen kaiwatu. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas. Subjek Penlitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas V SD Kristen kaiwatu yang berjumlah 20 siswa. Setelah proses pembelajaran dengan menggunakan media video interaktif dapat berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Kristen Kaiwatu. Peningkatan hasil belajar siswa dapat terlihat pada setiap pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II. Terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa pada tes awal 43,75, meningkat pada siklus I 62, meningkat pada siklus II menjadi 75. Selain hasil belajar siswa, motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I 75%, menjadi 85% pada siklus II. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa penggunaan media vidio interaktif dikatakan berhasil.
Copyrights © 2024