Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGGUNAAN MEDIA VIDIO INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V SD KRISTEN KAIWATU YANG BERBASIS WILAYAH PERBATASAN

Septory, Jekriel (Unknown)
Souhoka, Renny (Unknown)
Waryata, Ida Nevia (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar siswa dengan dengan menggunakan media video interaktif pada siswa kelas V SD Kristen kaiwatu. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang difokuskan pada situasi kelas. Subjek Penlitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas V SD Kristen kaiwatu yang berjumlah 20 siswa. Setelah proses pembelajaran dengan menggunakan media video interaktif dapat berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Kristen Kaiwatu. Peningkatan hasil belajar siswa dapat terlihat pada setiap pelaksanaan tindakan pada siklus I dan siklus II. Terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa pada tes awal 43,75, meningkat pada siklus I 62, meningkat pada siklus II menjadi 75. Selain hasil belajar siswa, motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I 75%, menjadi 85% pada siklus II. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa penggunaan media vidio interaktif dikatakan berhasil.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...