Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA PENILAIAN PENGETAHUAN BERBASIS DARING PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Anggi Pratama (Universitas Jambi)
Hendra Budiono (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2024

Abstract

Pembelajaran jarak jauh di Indonesia dimulai sejak April 2020 sebagai respons terhadap pandemi COVID-19, memaksa lembaga pendidikan untuk beradaptasi dengan teknologi untuk menjaga proses belajar-mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode fenomenologi untuk memahami pengalaman guru dalam menerapkan Quizizz. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan fokus pada pemahaman, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penggunaan Quizizz dalam penilaian daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizizz di SDIT Asy-Syifa telah dilaksanakan dengan efektif. Guru memahami dan memanfaatkan aplikasi ini dengan baik, mulai dari pembuatan akun, penyusunan soal, hingga pelaksanaan ujian dan evaluasi hasil. Quizizz terbukti meningkatkan interaktivitas dan transparansi penilaian, serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi siswa. Meski menghadapi tantangan seperti masalah sinyal, guru berhasil menemukan solusi praktis dan berencana untuk mengembangkan jenis soal lebih lanjut. Inisiatif ini tidak hanya meningkatkan kualitas penilaian pengetahuan berbasis daring tetapi juga dapat dijadikan model bagi lembaga pendidikan lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...