Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 2 (2024): Juli -Desember 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Desmos terhadap Kemampuan Matematis Siswa

Muqtafia, Khoirina (Unknown)
Bintoro, Henry Suryo (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Discovery Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang membutuhkan integrasi teknologi/media dalam meningkatkan kemampuan matematis siswa. Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk melihat adanya pengaruh dari penggunaan model discovery learning berbantuan dengan media desmos pada materi luas layang-layang terhadap kemampuan matematis siswa. Kami menggunakan metode ekperimen dengan melibatkan 31 siswa kelas VII. Instrumen yang kami gunakan adalah tes. Penelitian ini menggunakan dua macam tes yakni pretest dan posttest yang kami analisis menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menerapkan model discovery learning yang didukung dengan media desmos. Kami menemukan bahwa kolaborasi antara discovery learning dan desmos cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa pada materi luas layang-layang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...