Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 3 (2024): Juli - September 2024 (In Progress)

Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Pemahaman Matematis: Studi Kasus di Homeschooling

Fitria, Alfi Maulida Nurul (Unknown)
Hidayat, Edi (Unknown)
Muslim, Siska Ryane (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2024

Abstract

Berdasarkan hasil pengisian angket kemandirian belajar peserta didik Pride Homeschooling di Kota Tasikmalaya diperoleh data terkait kategori kemandirian belajar yang dimiliki peserta didik pada kategori rendah dan sedang. Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh dari hasil kuesioner yang diisi oleh peserta didik Pride Homeschooling, 66,7% peserta didik mampu memahami materi pembelajaran matematika hanya pada materi tertentu, sementara 33,7% lainnya menyatakan dapat memahami materi pembelajaran matematika dengan mudah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi rendahnya kemandirian belajar dan kemampuan pemahaman matematis. Peneliti menggunakan metode studi kasus dengan melibatkan 4 subjek pada kategori kemandirian belajar rendah serta 2 subjek dengan kategori kemampuan pemahaman matematis rendah. Teknik pengumpulan data terdiri dari penyebaran angket kemandirian belajar, tes kemampuan pemahaman matematis, wawancara dan triangulasi. Untuk menggali faktor rendahnya kemandirian belajar, dilakukan wawancara dengan peserta didik, orang tua/wali, dan pemilik lembaga homeschooling, dengan mengacu pada 8 indikator kemandirian belajar yang dikemukakan oleh Sumarmo dan Subliyanto. Hasilnya, teridentifikasi lima faktor internal dan satu faktor eksternal yang mempengaruhi rendahnya kemandirian belajar. Wawancara juga dilakukan terkait rendahnya pemahaman matematis dengan peserta didik, orang tua/wali, dan tutor matematika, berdasarkan pada faktor kemampuan pemahaman matematis yang dikemukakan oleh Kirk dan Gallagher, wawancara tersebut menghasilkan dua faktor internal dan satu faktor eksternal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: a) terdapat lima faktor internal dan satu faktor eksternal yang mempengaruhi rendahnya kemandirian belajar pada peserta didik di Pride Homeschooling Kota Tasikmalaya. Faktor internal tersebut diantaranya; kurangnya inisiatif belajar peserta didik; preferensi terhadap aktivitas hiburan; kurangnya kemampuan peserta didik untuk menjalin kerjasama dalam pembelajaran; kurangnya kemampuan peserta didik dalam melaksanakan strategi belajar yang efektif; serta kurangnya kemampuan peserta didik untuk melaksanakan evaluasi belajar secara mandiri. faktor eksternal yang mempengaruhi rendahnya kemandirian belajar yaitu pendampingan yang minimal dari orang tua dalam pembelajaran, b) terdapat dua faktor internal dan satu faktor eksternal yang mempengaruhi rendahnya kemampuan pemahaman matematis peserta didik di Pride Homeschooling Kota Tasikmalaya. faktor internal tersebut adalah kurangnya motivasi peserta didik dalam pembelajaran matematika dan kurangnya kepercayaan diri peserta didik dalam pembelajaran matematika. Faktor eksternal yang teridentifikasi yaitu kurangnya kemampuan tutor dalam menjelaskan manfaat pembelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kognitif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Library & Information Science Mathematics Social Sciences Other

Description

Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mempublikasikan penelitian berkualitas tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) termasuk berpikir kritis, berpikir kreatif, penalaran matematis, pemahaman matematis, dll. Kami juga meneima riset tentang ...