Kemampuan berpikir kritis siswa dipengaruhi oleh beragam faktor, salah satunya adalah self confidence. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP ditinjau dari self confidence. Kami menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan dua siswa yang dikatergorikan sebagai self confidence tinggi, sedang, dan rendah. Instrument tes yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari : angket, wawancara, dan soal tes. Sumber data penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMP sebanyak 6 siswa. Proses analisis data pada penelitian ini yaitu dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Subjek pada penelitian ini diberi angket self confidence dan wawancara sehingga dapat memperoleh subjek dengan kategori self confidence tinggi, sedang, dan rendah. Setelah mendapat kategori self confidence kemudian subjek diambil 2 subjek terpilih untuk diberikan soal tes kemampuan berpikir kritis matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek self confidence tingkat tinggi yiatu dapat menyelesaikan 6 indikator kemampuan berpikir kritis matematis. Subjek dengan kategori self confidence tingkat sedang dapat menyelesaikan 5 dari 6 indikator kemampuan berpikir kritis matematis. Subjek self confidence tingkat rendah yiatu subjek FAAN dapat menyelesaika 2 dari 6 indikator kemampuan berpikir kritis matematis dan subjek RF hanya dapat menyelesaikan 1 dari 6 indikator kemampuan berpikir kritis matematis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024