Menara Ilmu
Vol 18, No 1 (2024): Vol 18 No. 01 OKTOBER 2024

Pengalaman Pasien dan Keluarga yang Mendapat Pelayanan Rawat Inap di Rumah Sakit X: Dasar Peningkatan Kualitas dari Perspektif Pengguna

Refialdinata, Jeki (Unknown)
Nurhaida, Nurhaida (Unknown)
Nengcy, Silvia (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2024

Abstract

Rumah Sakit (RS) dituntut untuk senantiasa fokus meningkatkan citra dan memberikan kepuasan kepada masyarakat dengan menyediakan layanan terbaik. Perbaikan dan peningkatan yang dilakukan harus selaras dengan regulasi yang berlaku dan kebutuhan masyarakat sebagai pengguna. Tujuan penelitian adalah untuk mengekplorasi pengalaman pasien dan keluarga yang mendapat pelayanan rawat inap di RS X. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenology. Penelitian dilaksanakan di suatu RS Swasta di Kota Padang. Partisipan yang dilibatkan berjumlah 20 orang pasien dan keluarga. Pernyataan yang diungkapkan oleh partisipan setelah wawancara terstruktur dianalisis dengan menggunakan metode analisis tematik. Hasil penelitian diperoleh tema yang dikelompokkan menjadi 3 bahasan, yaitu: 1) alasan memilih RS, 2) penilaian terhadap pelayanaan RS, dan 3) harapan terhadap RS. Hasil penelitian dapat menjadi masukan bagi manajemen RS dalam menyusun rencana peningkatan dan pengembangan RS.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...