Rumah Sakit (RS) dituntut untuk senantiasa fokus meningkatkan citra dan memberikan kepuasan kepada masyarakat dengan menyediakan layanan terbaik. Perbaikan dan peningkatan yang dilakukan harus selaras dengan regulasi yang berlaku dan kebutuhan masyarakat sebagai pengguna. Tujuan penelitian adalah untuk mengekplorasi pengalaman pasien dan keluarga yang mendapat pelayanan rawat inap di RS X. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenology. Penelitian dilaksanakan di suatu RS Swasta di Kota Padang. Partisipan yang dilibatkan berjumlah 20 orang pasien dan keluarga. Pernyataan yang diungkapkan oleh partisipan setelah wawancara terstruktur dianalisis dengan menggunakan metode analisis tematik. Hasil penelitian diperoleh tema yang dikelompokkan menjadi 3 bahasan, yaitu: 1) alasan memilih RS, 2) penilaian terhadap pelayanaan RS, dan 3) harapan terhadap RS. Hasil penelitian dapat menjadi masukan bagi manajemen RS dalam menyusun rencana peningkatan dan pengembangan RS.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024