Literasi sains merupakan kemampuan penting yang harus dimiliki siswa, tidak hanya mengenal sains sebagai konsep pengetahuan namun juga membantu meningkatkan ketrampilan pemecahan masalah dan pengambilan Keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis inkuiri untuk meningkatkan literasi sains pada materi siklus air di kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan menggunakan metode pengembangan Lee and Owen yang meliputi; Asesmen/analisis (Needs assessment and Front-end analysis), Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Desain uji coba dalam penelitian pengembangan ini menggunakan satu kelompok terdiri dari 30 siswa kelas IV SDN Klampok Kota Blitar yang diberikan pretest sebelum penggunaan e-modul dan diberikan posttest setelah penggunaan e-modul. Validitas pengembangan e-modul diperoleh dari ahli materi, ahli bahan ajar, dan praktisi lapangan melalui instrument angket validasi. Kepraktisan e-modul diperoleh dari angket respon siswa setelah menggunakan e-modul. Sedangkan untuk efektifitas e-modul dihasilkan dari tes kemampuan literasi sains siswa yang dianalisis dengan menggunakan bantuan IBM SPSS statistics 23 menggunakan uji prasyarat saphiro wilk untuk uji normalitas, kemudian dilakukan uji sample paired t-test dan menghitung N-Gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memenuhi validitas, kepraktisan dan keefektifan. Berdasarkan hasil validasi dari ketiga validator diantaranya Ahli Materi, Media dan Praktisi (Guru) bahwa tingkat kevalidan produk dengan kriteria sangat valid. Secara berurutan, presentasi ketiga validator Ahli Materi, Media dan Praktisi (Guru) diantaranya 99,5 %, 90,8 % dan 99,5 %. Sementara untuk kepraktisan berdasar respon siswa juga termasuk dalam kategori praktis yakni 88%. Berdasar hasil uji hipotesis sig.(2-tailed) sebesar 0,000 (sig. < 0,05) menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh mengindikasikan bahwa ada bukti yang kuat untuk menolak H0 dan mendukung Ha, yang dapat diartikan bahwa e-modul berbasis inkuiri memiliki pengaruh terhadap kemampuan literasi sains siswa. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah e-modul yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran IPA kelas IV materi siklus air untuk meningkatkan kemampuan literasi sains.
Copyrights © 2024