Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 5 No. 5 (2024): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Agustus - September 2024)

Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Intensitas Berwirausaha Mahasiswa Universitas Jambi

Eko Kuntarto (Universitas Jambi, Indonesia)
Wibisana Anjasuta Ekawarna (Universitas Jambi, Indonesia)
Ali Idrus (Universitas Jambi, Indonesia)
Siti Suhada (Universitas Jambi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Tujuan – Penelitian ini bertujuan “melakukan diagnosis pengaruh budaya organisasi dan intensitas berwirausaha mahasiswa berdasarkan persepsi mahasiswa pengunjung perpustakaan Universitas Jambi”. Konsep yang digunakan adalah Competing Values Framework (Cameron dan Quinn, 2011), yang menyatakan bahwa, budaya organisasi terbagi menjadi empat tipe yaitu; hierarchy, market, clan dan adhocracy. Design/metode/pendekatan – Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan bersifat deskriptif. This is a cross-sectional study because data were collected at a one-time point. This empirical study was conducted on a sample of 351 mahasiswa pengunjung perpustakaan Universitas Jambi, who were willing to collaborate to participate voluntarily by filling in the offline questionnaire. Pengambilan data meliputi dua tipe kuesioner,  Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI) dan Intensi Berwirausaha Mahasiswa. Analisis data menggunakan nilai rata-rata secara keseluruhan untuk menghasilkan rentang perbedaan antara budaya organisasi pada saat ini (current) dengan budaya organisasi yang diharapkan di masa mendatang (preffered), dan Pearson analisis regression. Hasil = Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profil budaya organisasi Perpustakaan Universitas Jambi dengan mengaplikasikan Organizational Culture Assessment Instrument (OCAI) saat ini didominasi oleh tipe CLAN dan HIERARCHY, profil budaya organisasi yang diharapkan didominasi oleh TIPE CLAN dan ADHOCRACY. dimensi budaya organisasi yang memiliki pengaruh paling signifikan terhadap intensi berwirausaha di kalangan mahasiswa pengunjung perpustakaan adalah budaya Clan. Keterbatasan Riset – Penelitian ini dilakukan hanya di satu Universitas dengan motode convinience sampling, di mana para peserta dipilih melalui pengambilan sampel non-acak; sehingga generalisasinya terbatas. Ukuran sampel juga relatif kecil sehingga kemungkinan terjadi bias yang dapat menimbulkan kekhawatiran akan validitas penelitian ini. Implikasi praktis - Secara umum tidak ada perubahan pada proporsi tipe budaya organisasi  pada Perpustakaan Universitas Jambi, secara umum memperlihatkan bahwa tipe budaya organisasi yang berlaku saat ini dan yang diharapkan akan mendominasi adalah tipe budaya organisasi Clan. Manajemen perpustakaan seharusnya menerapkan model atau jenis budaya yang lebih menitikberatkan pada hubungan dan sistem kekeluargaan (clan) yang sifatnya guyub, ciri-ciri kekeluargaan inilah harus  ditonjolkan. Gaya kepemimpinan yang berkembang biasanya lebih cenderung sebagai yang memfasilitasi (fasilitator) konflik atau segenap permasalahan yang berkembang dalam organisasi. Kriteria efektivitas perlu ditekankan pada   kohesivitas kelompok (team), pengembangan moral karyawan (employee moral) serta sumber daya manusia (SDM). Pedoman manajemen yang dipakai biasanya berprinsip pada pentingnya  partisipasi karyawan atau anggota organisasi. Komitmen karyawan atau kelompok dicapai melalui pengembangan partisipasi karyawan dalam dinamika kerja, proses manajemen, serta pengambilan keputusan. Tugas utama dari manajemen adalah mengendalikan dan membina karyawan sehingga memudahkan mereka untuk berpartisipasi, dan mengarahkan untuk meningkatkan intensi berwiraswasta mahasiswa pengunjung perpustakaan Universitas Jambi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...