Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 5 No. 5 (2024): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Agustus - September 2024)

Pengembangan Media Pop-Up Book Literasi Sains Berbasis Kontekstual Pembelajaran Ipa Di Sd

Aldila Riska Pramudita (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)
Prima Mutia Sari (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu mendefinisikan, merancang, mengembangkan, menyebarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon media pembelajaran berbasis literasi sains yang dikembangkan menggunakan pop-up book. Perangkat penelitian mencakup lembar validasi ahli media dan ahli materi, dan survei uji kelayakan pada satu guru dan 30 siswa kelas V SDN Ciracas 11 Pagi. Hasil validasi pakar media menyatakan skor rata-rata sebesar 94% dengan kategori “sangat layak”, sedangkan hasil validasi ahli materi memiliki skor rata-rata sebesar 92% dengan kategori “sangat layak”. Dari uji coba diperoleh nilai uji coba guru sebesar 99% dengan kategori “sangat baik” dan nilai uji coba siswa sebesar 96% dengan kategori “sangat baik”. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa media pop-up book berbasis literasi sains layak dan sangat baik digunakan dalam meningkatkan literasi sains siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...