Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D yang terdiri dari empat tahap yaitu mendefinisikan, merancang, mengembangkan, menyebarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon media pembelajaran berbasis literasi sains yang dikembangkan menggunakan pop-up book. Perangkat penelitian mencakup lembar validasi ahli media dan ahli materi, dan survei uji kelayakan pada satu guru dan 30 siswa kelas V SDN Ciracas 11 Pagi. Hasil validasi pakar media menyatakan skor rata-rata sebesar 94% dengan kategori “sangat layak”, sedangkan hasil validasi ahli materi memiliki skor rata-rata sebesar 92% dengan kategori “sangat layak”. Dari uji coba diperoleh nilai uji coba guru sebesar 99% dengan kategori “sangat baik” dan nilai uji coba siswa sebesar 96% dengan kategori “sangat baik”. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa media pop-up book berbasis literasi sains layak dan sangat baik digunakan dalam meningkatkan literasi sains siswa.
Copyrights © 2024