Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran Teaching Games For Understanding (TGfU) terhadap motivasi belajar lompat jauh siswa SDN Petak Praya Barat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest pada satu kelompok. Sebanyak 41 siswa dijadikan sampel penelitian. Data dikumpulkan melalui tes motivasi belajar yang dilakukan sebelum (pretest) dan setelah (posttest) pemberian perlakuan TGfU. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan rata-rata nilai dari 103.0256 pada pretest menjadi ke posttest 1129.4871 pada posttest. Uji normalitas dengan Shapiro-Wilk menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Uji homogenitas variansi menunjukkan bahwa data tidak homogen. Uji-T paired sample t test menghasilkan nilai signifikan (sig.) sebesar 0.000, yang lebih kecil dari 0.05, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran TGfU terhadap motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan TGfU efektif dalam meningkatkan motivasi belajar lompat jauh siswa. Disarankan agar model pembelajaran TGfU diterapkan secara luas dalam kurikulum pendidikan jasmani, dengan dukungan pelatihan guru dan variasi metode pembelajaran untuk memaksimalkan keterlibatan dan motivasi siswa. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi lebih dalam dampak jangka panjang dan adaptasi model TGfU untuk berbagai jenis olahraga.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024