Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor pendukung dalam penerapan Pendidikan Jasmani Berbasis Islami (PJBI) untuk membentuk profil pelajar pancasila di SD Muhammadiyah 4 Terpadu Samarinda. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru Pendidikan Jasmani, siswa, dan orangtua, dipilih berdasarkan pertimbangan dan karakteristik tertentu. Penelitian ini menggunakan peneliti sebagai instrumen utama, yang terjun langsung ke lapangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kisi-kisi wawancara digunakan sebagai panduan dalam merumuskan pertanyaan. Analisis data ini terdiri dari empat alur kegiatan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi/menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini ternyata kepala sekolah, guru, dan orangtua sangat berperan penting dalam mendukung PJBI siswa di sekolah. Kesimpulannya, penerapan PJBI dalam membentuk karakter profil Pancasila membutuhkan dukungan moral dan finansial dari kepala sekolah, kompetensi guru olahraga, serta peran aktif orangtua. Kerjasama dan koordinasi antara semua pihak menjadi kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pendidikan jasmani berbasis Islami dan pembentukan karakter siswa yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Saran dari peneliti untuk dapat mengoptimalkan faktor-faktor pendukung penerapan PJBI agar pembentukan karakter profil pelajar pancasila di sekolah dapat dilaksanakan dengan maksimal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024