Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi peserta didik kelas X dalam materi senam lantai “roll belakang” di SMK Yayasan Pharmasi Semarang menggunakan pembelajaran media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjeknya sejumlah 33 peserta didik kelas X. Data penelitian berupa data hasil belajar yang diperoleh dari guru pengampu mata pelajaran PJOK kelas X dan penilaian yang dilakukan pada setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media pembelajaran berbentuk audio visual mampu meningkatkan keterampilan literasi peserta didik dalam materi senam lantai “roll belakang” di kelas X SMK Yayasan Pharmasy Semarang. Kemampuan literasi peserta didik meningkat pada setiap siklus pembelajaran. Pada pra-siklus peserta didik dengan nilai tuntas sebanyak 16 dengan presentase 48,48%, penilaian pada siklus I peserta didik dengan nilai tuntas menjadi 24, dengan presentasi 72,72%. Dalam siklus II peserta didik yang mendapat nilai tuntas meningkat sebanyak 28 peserta didik dengan presentasi 84,84%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan literasi pada materi senam lantai gerak roll belakang peserta didik keas X SMK Yayasan Pharmasy Semarang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024