Jurnal Sains, Teknologi dan Kesehatan
Vol. 1 No. 3 (2024): EMPIRIS : Jurnal Sains, Teknologi dan Kesehatan, September 2024

FENOMENA PENGALAMAN PERILAKU CARING KEPERAWATAN PERAWAT INDONESIA

Judha, Mohamad (Unknown)
Setiawan, Aris (Unknown)
Imam, Khairul (Unknown)
Erikawati, NiLuh Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2024

Abstract

Latar belakang : Caring merupakan penilaian penting bagi masyarakat dalam menggunakan pelayanan kesehatan, namun sayangnya di Indonesia perilaku peduli dari beberapa hasil penelitian masih kurang. Masih terdapat perawat yang tidak peduli dan kurang motivasi terhadap pasien karena terbebani dengan pekerjaan yang bukan merupakan pekerjaan perawat. Tujuan : mengetahui pengalaman perawat dalam menerapkan prilaku caring, faktor yang mendukung dan menghambat motivasi untuk berbuat caring. Metode : desain kualitatif dengan wawancara mendalam tentang fenomena implementasi perilaku Caring, motivasi caring serta faktor-faktor yang menghambat prilaku caring. Partisipan diambil 11 orang dengan berbagai latar belakang. Hasil: terdapat 3 situasi yang bisa mewujudkan prilaku caring, ada 2 faktor yang bisa meningkatkan motivasi sebagai dukungan merawat pasien serta terdapat 4 faktor yang menghambat motivasi berprilaku caring. Diskusi: lingkungan kerja yang aman dan nyaman, peraturan kantor seperti pengaturan waktu istirahat, gaji, penghargaan atas prestasi, merupakan hal-hal yang dapat memotivasi seseorang untuk bekerja di suatu tempat. sedangkan harga diri perawat dianggap sebagai bagian dari citra diri, aktualisasi diri atas eksistensi diri seseorang dalam bekerja

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EMPIRIS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering Materials Science & Nanotechnology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

EMPIRIS : Jurnal Sains, Teknologi dan Kesehatan is a peer-review journal that could be access to the public, published by LPP Manggala Institute. EMPIRIS provides a platform for researchers, academics, professionals, practitioners and students to embed and share knowledge in the form of empirical ...