Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 2 Tahun 2024

Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT)

Fatikasari, Amelia Hasna (Unknown)
Purwandari, Septiyati (Unknown)
Triana, Putri Meinita (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2024

Abstract

Pemahaman konsep merupakan kemampuan seseorang dalam memahami suatu konsep serta dapat menginterpretasikan tanpa mengubah maknanya. Permasalahan yang ditemukan peneliti dari faktor-faktor yang diamati peneliti adalah masih kurangnya pemahaman konsep matematika siswa khususnya materi pembagian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian yang dilakukan adalan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan deskripstif kuantitatif. Adapun langkah-langkah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu (1) perencanaan; (2) tindakan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas V SD Tumbuh 4 Yogyakarta dengan jumlah 14 siswa. Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika siswa mulai dari pra siklus hingga siklus II setelah diterapkannya model NHT. Persentase peningkatan dari pra siklus ke siklus I yaitu 21,4% dan persentase dari siklus I ke siklus II yaitu 28,6%. Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat melibatkan siswa secara aktif saat proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...