Pemahaman konsep merupakan kemampuan seseorang dalam memahami suatu konsep serta dapat menginterpretasikan tanpa mengubah maknanya. Permasalahan yang ditemukan peneliti dari faktor-faktor yang diamati peneliti adalah masih kurangnya pemahaman konsep matematika siswa khususnya materi pembagian. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian yang dilakukan adalan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan deskripstif kuantitatif. Adapun langkah-langkah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu (1) perencanaan; (2) tindakan; (3) pengamatan; (4) refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas V SD Tumbuh 4 Yogyakarta dengan jumlah 14 siswa. Hasil dari penelitian ini bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika siswa mulai dari pra siklus hingga siklus II setelah diterapkannya model NHT. Persentase peningkatan dari pra siklus ke siklus I yaitu 21,4% dan persentase dari siklus I ke siklus II yaitu 28,6%. Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat melibatkan siswa secara aktif saat proses pembelajaran.
Copyrights © 2024