Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis bagaimana siswa mempelajari materi aljabar dengan menggunakan media pembelajaran serta mengetahui bagaimana media Kartu Aljabar dapat membantu siswa dalam pelajaran matematika menjadi lebih efektif. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menganalisis belajar siswa dalam menerapkan media KAJAR (Kartu Aljabar) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMPQ AL-ASRAR. Penelitian ini akan menguji kelompok siswa yang akan diberikan tugas penyelesaian menggunakan media KAJAR (Kartu Aljabar). Untuk menguji keefektifan pembelajaran menggunakan media KAJAR (Kartu Aljabar) dalam mengelola pembelajaran serta respon dari siswa. Hasil analisis deskriptif diperoleh melalui angket respon siswa dan tes hasil belajar dimana dari angket respon siswa diperoleh rata-rata 90,95% siswa memberikan reaksi positif terhadap pembelajaran menggunakan media KAJAR (Kartu Aljabar), sedangkan tes hasil belajar siswa diperoleh 90% siswa diantaranya 27 siswa telah memenuhi KKM dan 3 siswa tidak memenuhi KKM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media KAJAR (Kartu Aljabar) memiliki respon baik terhadap belajar siswa dan berpengaruh pada hasil belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024