Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 2 Tahun 2024

Systematic Literature Review: Strategi Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa

Saputra, Reksa (Unknown)
Novaliyosi, Novaliyosi (Unknown)
Syamsuri, Syamsuri (Unknown)
Hendrayana, Aan (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan strategi Scaffolding dalam pembelajaran matematika dan hubungannya dengan kemampuan pemahaman siswa. Secara spesifik, penelitian ini berfokus pada dua aspek utama: (1) menganalisis bagaimana strategi Scaffolding diterapkan dalam konteks pembelajaran matematika, dan (2) mengeksplorasi hubungan antara penerapan strategi Scaffolding dan tingkat pemahaman siswa terhadap materi matematika. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Langkah-langkah dalam penelitian ini meliputi: develop research questions; selection criteria; developing the search strategy; the study selection process; coding studies; appraising the quality studies; dan synthesis result.. Data dikumpulkan dengan mencari dan mengidentifikasi artikel terkait dengan Scaffolding dalam pembelajaran matematika yang mencakup 50 artikel terkait pendidikan matematika diterbitkan antara tahun 2019 dan 2024, kemudian diperoleh 26 artikel yang memenuhi kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Scaffolding dalam pembelajaran matematika melibatkan berbagai teknik seperti pemberian bantuan bertahap, penggunaan pertanyaan terbuka, serta penyediaan alat bantu belajar yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa. Lebih lanjut, penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara penerapan strategi Scaffolding dan peningkatan kemampuan pemahaman siswa terhadap materi matematika. Siswa yang belajar dengan menggunakan strategi Scaffolding cenderung menunjukkan peningkatan dalam kemampuan menyelesaikan masalah, berpikir kritis, dan memahami konsep-konsep matematika secara lebih mendalam. Dengan demikian, strategi Scaffolding direkomendasikan sebagai metode yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dan pemahaman siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...