Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 2 (2024): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 8 Nomor 2 Tahun 2024

Analisis Kemampuan Numerasi Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Distribusi Peluang Binomial Berdasarkan Gaya Belajar

Utami, Salma Millenia (Unknown)
Pramasdyahsari, Agnita Siska (Unknown)
Riska, Ganang Iqbal (Unknown)
Happy, Nurina (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Kemampuan numerisasi penting dimiliki siswa agar dapat menyelesaikan permasalahan atau pemecahan masalah dengan baik. Kemampuan numerisasi memberikan kemampuan pada anak berpikir logis dan sistematis dalam mengambil keputusan. Artinya jika seseorang yang memiliki kemampuan numerik maka akan memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan numerisasi dalam menyelesaikan masalah distribusi peluang binomial pada siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang dipilih berdasarkan gaya belajar yang dimiliki. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket penelitian. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa dengan gaya belajat visual memiliki kemampuan numerik yang baik dalam hal perhitungan sistematis, berpikir logis, mengkoordinasikan, serat kemampuan mengindeitifikasi pola. Siswa dengan gaya belajar auditorial memiliki kemampuan untuk berpikir logis tetapi masih kurang dalam perhitungan secara matematis. Siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan numerik yang baik namun memiliki kelemahan pada kemampuan mengidentifikasi pola-pola yang ada pokok permasalahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...