Kemampuan numerisasi penting dimiliki siswa agar dapat menyelesaikan permasalahan atau pemecahan masalah dengan baik. Kemampuan numerisasi memberikan kemampuan pada anak berpikir logis dan sistematis dalam mengambil keputusan. Artinya jika seseorang yang memiliki kemampuan numerik maka akan memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan numerisasi dalam menyelesaikan masalah distribusi peluang binomial pada siswa. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang dipilih berdasarkan gaya belajar yang dimiliki. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket penelitian. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa dengan gaya belajat visual memiliki kemampuan numerik yang baik dalam hal perhitungan sistematis, berpikir logis, mengkoordinasikan, serat kemampuan mengindeitifikasi pola. Siswa dengan gaya belajar auditorial memiliki kemampuan untuk berpikir logis tetapi masih kurang dalam perhitungan secara matematis. Siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan numerik yang baik namun memiliki kelemahan pada kemampuan mengidentifikasi pola-pola yang ada pokok permasalahan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024