YUME : Journal of Management
Vol 7, No 3 (2024)

Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan yang Dimediasi oleh Minat Beli pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM Abon Ikan Tuna) di Kecamatan Sinjai Utara

Rd, Yogie Wijaya (Unknown)
Mursalim, Mursalim (Unknown)
Hasan, Sabri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen, yang dimediasi oleh minat beli pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Abon Ikan Tuna di Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan analisis deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen UMKM Rubons di Kabupaten Sinjai pada bulan Desember 2023, yang berjumlah 723 konsumen. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (SEM-PLS), yang terdiri dari uji model pengukuran (Outer Model) dan uji model struktural (Inner Model). Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli serta kepuasan konsumen. Kualitas produk juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli dan kepuasan konsumen, begitu juga dengan harga. Selain itu, minat beli juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Selain itu penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh tidak langsung dari citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan konsumen melalui minat beli.Kata Kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Minat Beli, Kepuasan Konsumen

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...