Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan numerasi siswa di kelas X DPIB 2. Penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen semu (quasi-experimental) merupakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yang melibatkan dua kelas diantaranya kelas X DPIB 2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan/treatmen model pembelajaran Problem Based Learning serta kelas X TKL 1 sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya konvensional. Desain penelitian ini menggunakan Post-test Only Control Group Design. Data dikumpulkan melalui tes numerasi setelah memberikan treatmen (posttest). Data penelitian dianalisis melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji independen sample t-test. Hasil uji independent sample t-test adalah 0,007 < 0,05, hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas X DPIB 2 dengan nilai rata-rata di kelas eksperimen adalah 79,76, dan nilai rata-rata di kelas kontrol adalah 70,85.
Copyrights © 2024