Journal on Education
Vol 7 No 1 (2024): Journal on Education: Volume 7 Nomor 1 Tahun 2024

Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Numerasi Siswa Kelas X DPIB 2

Isna Sa'adati (Universitas PGRI Semarang)
Supandi Supandi (Universitas PGRI Semarang)
Maria Goretty (SMK Negeri 4 Semarang)
Rizky Esti Utami (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan numerasi siswa di kelas X DPIB 2. Penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen semu (quasi-experimental) merupakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yang melibatkan dua kelas diantaranya kelas X DPIB 2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan/treatmen model pembelajaran Problem Based Learning serta kelas X TKL 1 sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya konvensional. Desain penelitian ini menggunakan Post-test Only Control Group Design. Data dikumpulkan melalui tes numerasi setelah memberikan treatmen (posttest). Data penelitian dianalisis melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji independen sample t-test. Hasil uji independent sample t-test adalah 0,007 < 0,05, hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas X DPIB 2 dengan nilai rata-rata di kelas eksperimen adalah 79,76, dan nilai rata-rata di kelas kontrol adalah 70,85.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...