Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII-D SMP Negeri 1 Takeran pada semester 2 tahun ajaran 2023/2024 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 28 peserta didik kelas VII-D SMP Negeri 1 Takeran. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu model pembelajaran PBL dengan pendekatan TaRL, serta variabel terikat, yaitu hasil belajar matematika peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif, berupa persentase hasil belajar matematika pada pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan pendekatan TaRL mampu meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi bangun ruang. Hal ini ditunjukkan dengan pada pra-siklus, hanya 25% atau 7 peserta didik yang mampu mencapai ketuntasan, yang kemudian meningkat menjadi 43% atau 12 peserta didik pada siklus I. dan pada siklus II, persentase peserta didik yang mampu mencapai ketuntasan sebesar 79% atau 22 peserta didik. Sehingga, penelitian ini dinyatakan berhasil karena persentase ketuntasan peserta didik mencapai di atas 75% dan mengalami kenaikan ketuntasan pada setiap siklusnya
Copyrights © 2024