Journal on Education
Vol 7 No 1 (2024): Journal on Education: Volume 7 Nomor 1 Tahun 2024

Problem Based Learning (PBL): Penerapan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar dengan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL)

Fauziyah Nur Aimin (Universitas PGRI Madiun)
Fatriya Adamura (Universitas PGRI Madiun)
Wasiqoh Maduretno (SMPN 1 Takeran)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII-D SMP Negeri 1 Takeran pada semester 2 tahun ajaran 2023/2024 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 28 peserta didik kelas VII-D SMP Negeri 1 Takeran. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu model pembelajaran PBL dengan pendekatan TaRL, serta variabel terikat, yaitu hasil belajar matematika peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif, berupa persentase hasil belajar matematika pada pra-siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL dengan pendekatan TaRL mampu meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi bangun ruang. Hal ini ditunjukkan dengan pada pra-siklus, hanya 25% atau 7 peserta didik yang mampu mencapai ketuntasan, yang kemudian meningkat menjadi 43% atau 12 peserta didik pada siklus I. dan pada siklus II, persentase peserta didik yang mampu mencapai ketuntasan sebesar 79% atau 22 peserta didik. Sehingga, penelitian ini dinyatakan berhasil karena persentase ketuntasan peserta didik mencapai di atas 75% dan mengalami kenaikan ketuntasan pada setiap siklusnya

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...