Journal on Education
Vol 7 No 1 (2024): Journal on Education: Volume 7 Nomor 1 Tahun 2024

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Berbantuan Aplikasi Kastil Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Rindiani Hayati (Universitas Pasundan)
Azis Lukman Praja (Universitas Pasundan)
Abdul Mu'min Saud (Universitas Pasundan)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya variasi model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik, yang dapat mengakibatkan kurangnya motivasi peserta didik dan rendahnya kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dengan bantuan aplikasi kastil terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika di kelas IV SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 017 Sekejati Kota Bandung yang berjumlah 56 peserta didik. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok: kelas IVB (28 orang) sebagai kelas eksperimen dan kelas IVA (28 orang) sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, analisis menggunakan uji Mann-Whitney dengan bantuan software SPSS versi 25 menunjukkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dianalisis menggunakan N-gain ternormalisasi, dengan hasil 0.71 untuk kelas eksperimen dan 0.32 untuk kelas kontrol. Uji effect size menunjukkan hasil sebesar 1.10, yang diinterpretasikan sebagai kategori sangat kuat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dengan bantuan aplikasi kastil memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas IV.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...