Abstract: This qualitative study investigates elementary school students' difficulties in solving mixed arithmetic problems with whole numbers at SDN Gelam 2 Sidoarjo. Through a case study approach, nine fourth-grade students were selected based on their mathematical abilities, and data were collected using written tests and interviews. The findings reveal that students with low abilities struggle with conceptual understanding, while medium-ability students face challenges in principle application and verbalization. High-ability students encounter verbalization difficulties. The study emphasizes the importance of continuous training in mixed arithmetic problem-solving, integrating real-life scenarios to enhance mathematical understanding. It suggests educators play a crucial role in addressing students' learning difficulties effectively. Further research should include statistical analysis to provide a more detailed understanding of students' struggles in solving mixed arithmetic problems. Abstrak: Penelitian kualitatif ini menyelidiki kesulitan siswa sekolah dasar dalam menyelesaikan soal-soal aritmatika campuran bilangan bulat di SDN Gelam 2 Sidoarjo. Melalui pendekatan studi kasus, sembilan siswa kelas empat dipilih berdasarkan kemampuan matematika mereka, dan data dikumpulkan dengan menggunakan tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan rendah mengalami kesulitan dalam pemahaman konseptual, sedangkan siswa dengan kemampuan sedang menghadapi tantangan dalam penerapan prinsip dan verbalisasi. Siswa berkemampuan tinggi menghadapi kesulitan verbalisasi. Studi ini menekankan pentingnya pelatihan berkelanjutan dalam pemecahan masalah aritmatika campuran, mengintegrasikan skenario kehidupan nyata untuk meningkatkan pemahaman matematika. Penelitian ini menunjukkan bahwa pendidik memainkan peran penting dalam mengatasi kesulitan belajar siswa secara efektif. Penelitian lebih lanjut harus mencakup analisis statistik untuk memberikan pemahaman yang lebih rinci tentang kesulitan siswa dalam memecahkan masalah aritmatika campuran.
Copyrights © 2024