Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting dalam menilai kualitas pelayanan kesehatan. Di RSUD Pringsewu, survey kepuasan dilakukan 6 bulan sekali, adapun, waktu tunggu dan kepuasan pasien belum memenuhi target indikator nasional sebesar 100%. Waktu tunggu mencapai 85,77%. Tujuan penelitian yaitu menganalisis hubungan akses, proses penerimaan, waktu tunggu, lingkungan fisik, konsultasi dokter, informasin pada pasien dengan kepuasan pasien di Instalasi Rawat Jalan RSUD Pringsewu. Jenis penelitian, kuantitatif, dengan desain cross sectional. Adapun jumlah sampel sebanyak 146 responden dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Hasil analisis statistik menunjukan ada hubungan akses (p-value 0,042), proses penerimaan (p-value 0,017), waktu tunggu (p-value 0,005), lingkungan fisik (p-value 0,026), konsultasi dokter (p-value 0,022), informasi untuk pasien (p-value 0,018) dengan kepuasan pasien. Variabel waktu tunggu dominan berhubungan dengan kepuasan pasien di Instalasi Rawat Jalan dengan (p-value 0,006 dan OR 7,269). Diharapkan manajemen melakukan evaluasi rutin terhadap kinerja staf serta memberikan pelatihan yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi pelayanan dan kemampuan manajemen waktu
Copyrights © 2024