Al-Musthafa: Jurnal Kependidikan dan Keilmuan Berbasis Islam
Vol 4 No 3 (2024): JUNI-SEPTEMBER

PERAN GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 1 MAMBEN LAUK

Syarifudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Karakter merupakan hal urgen yang penting untuk ditumbuhkembangkan sehingga mampu berkembang ke arah yang lebih baik, sebagai dasar untuk menjadikan siswa menjadi pribadi yang unggul dalam pribadi siswa. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik model Miles dan Huberman. Teknik keabsahan datanya menggunakan Perpanjang Keikutsertaan, Ketekunan/ Keajegan Pengamatan dan Triangulasi (Triangulasi sumber, Triangulasi teknik dan Triangulasi waktu). Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai karakter sudah sangat berperan karena seorang guru Pendidikan Agama Islam khususnya di SDN 1 Mamben Lauk selalu datang lebih cepat ke sekolah dari pada siswa, selalu mengingatkan siswanya yang suka datang terlambat, mengajak dan mencontohkan untuk mematuhi peraturan yang ada di sekolah, mengingatkan untuk shalat, membiasakan siswa melaksanakan tugas dengan baik dengan sifat jujur, sehingga siswa menjadi yang berdisiplin. Selalu mengajak siswa bertanggung jawab atas apa yang telah di presentasikan di kelas, selalu memotivasi siswa supaya jangan berputus asa dan menyerah, agar siswa lebih giat lagi belajar; 2) Faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai karakter siswa yaitu karena lingkungan siswa, teman sekolah, dan masih ada guru yang datang terlambat ke sekolah serta guru tidak masuk kelas hanya memberi tugas kepada siswa; dan 3) Teladan yang Konsisten: Menjadi contoh langsung dari nilai-nilai karakter yang ingin ditanamkan, Integrasi dalam Kurikulum: Menggabungkan nilai-nilai karakter dalam materi pembelajaran dan aktivitas sehari-hari. Lingkungan Positif: Menciptakan atmosfer kelas yang mendukung perkembangan karakter melalui komunikasi yang terbuka dan saling menghargai. Pendidikan Karakter Terintegrasi: Mengimplementasikan program khusus untuk pengajaran karakter dan melibatkan orang tua dalam proses tersebut. Penghargaan dan Apresiasi: Menghargai dan mengakui perilaku positif untuk memotivasi siswa. Pendekatan Individual: Menyesuaikan strategi dengan kebutuhan dan tantangan masing-masing siswa. Evaluasi Berkala: Menilai efektivitas strategi dan membuat penyesuaian yang diperlukan.Dengan pendekatan yang holistik dan konsisten, hambatan dalam menanamkan nilai-nilai karakter dapat diatasi secara efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ejam

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Al-Musthafa: Jurnal Kependidikan dan Keilmuan Berbasis Islam atau disingkat Al-Musthafa merupakan jurnal nasional yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Aziziyah sejak tahun 2021 dengan E-ISSN : 2798-1800 . Al-Musthafa menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang Pendidikan ...