JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol 14 No 3 (2024): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Pengembangan Modul Struktur Atom Berbasis Guided Discovery Learning (GDL) Terintegrasi TPACK untuk Fase E SMA

Ulfa Weni (Unknown)
Yerimadesi, Yerimadesi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2024

Abstract

Peserta didik kesulitan memahami materi struktur atom dan bahan ajar yang tersedia kurang inovatif dan belum memanfaatkan teknologi secara maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan modul struktur atom berbasis GDL terintegrasi TPACK untuk fase E SMA yang valid dan praktis. Model pengembangan Plomp yang dibatasi hingga diperoleh prototipe IV pada tahap small group. Uji validitas modul dilakukan oleh expert review yang terdiri dari tiga orang dosen kimia FMIPA UNP dan dua orang guru kimia SMA negeri di Padang. Uji praktikalitas dilakukan oleh dua orang guru kimia SMA negeri di Padang dan 15 orang peserta didik fase F SMA negeri di Padang. Instrumen yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas, uji validitas dianalisis menggunakan formula Aikens’V dan uji praktikalitas menggunakan presentase skor capaian praktikalitas produk. Dari hasil analisis penelitian diperoleh nilai rata-rata Aikens’V sebesar 0,85 dengan kategori valid dan nilai praktikalitas oleh guru dan peserta didik sebesar 88% dan 89%. Hasil penilaian menunjukkan bahwa modul struktur atom berbasis terintegrasi TPACK untuk fase E sudah valid dan praktis, sehingga dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya untuk uji efektivitas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...