Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 3 (2024): DIDAKTIKA Agustus 2024

Studi Literatur : Pemanfaatan Buku Pop Up Untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Motivasi Siswa

Ratih Nurillah Rosyadi (Postgraduate State University Of Semarang)
Moch Bayu Ibrahim S (Postgraduate State University Of Semarang)
Sarwi (Postgraduate State University Of Semarang)
Sri Wardani (Postgraduate State University Of Semarang)
Mukh Doyin (Postgraduate State University Of Semarang)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2024

Abstract

Pemanfaatan buku pop-up dalam pendidikan merupakan inovasi yang menjanjikan dalam meningkatkan literasi sains dan motivasi belajar siswa di tingkat Sekolah Dasar. Studi literatur ini menyelidiki berbagai aspek pemanfaatan buku pop-up dalam konteks pendidikan sains, dengan fokus pada peningkatan pemahaman konsep ilmiah dan motivasi belajar siswa. Tinjauan literatur menyimpulkan bahwa buku pop-up efektif dalam memvisualisasikan konsep-konsep kompleks secara interaktif dan menarik, memperkuat pemahaman siswa. Selain itu, buku pop-up juga mampu memicu minat siswa dalam belajar dengan menyajikan materi secara menarik dan menghibur. Namun, untuk mencapai potensi penuh dari penggunaan buku pop-up, diperlukan pendekatan yang holistik, termasuk perhatian terhadap desain buku, integrasi dengan kurikulum, kebutuhan individu siswa, serta aspek lingkungan dan keinginan dalam produksi. Dengan pemahaman ini, buku pop-up memiliki potensi besar sebagai alat pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan literasi sains dan motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...