Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 3 (2024): DIDAKTIKA Agustus 2024

Kompetensi Pedagogik Guru SMA di Indonesia: Sebuah Systematic Literature Review

Agus Baskara (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nani Sutarni (Universitas Pedidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mereview secara sistematis kompetensi pedagogik guru SMA di Indonesia dengan mengkaji 19 jurnal yang memenuhi kriteria inklusi, menggunakan metode systematic literature review (SLR). Review ini melibatkan analisis mendalam terhadap publikasi antara tahun 2014 dan 2023 untuk mengevaluasi bagaimana kompetensi pedagogik dipahami dan diimplementasikan di berbagai provinsi Indonesia. Hasil dari review menunjukkan bahwa mayoritas guru memiliki kecakapan pedagogik yang memadai dalam pengelolaan kelas dan perencanaan pembelajaran. Namun, terdapat kekurangan signifikan dalam integrasi teknologi dan penggunaan metode pembelajaran yang inovatif. Temuan ini juga menyoroti disparitas yang jelas antara wilayah urban dan rural, dengan guru di area perkotaan yang memiliki akses lebih baik ke sumber daya dan pelatihan. Kajian ini menyarankan perlunya pengembangan lebih lanjut dalam pelatihan guru untuk meningkatkan kompetensi pedagogik, khususnya dalam integrasi teknologi pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...