Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 3 (2024): DIDAKTIKA Agustus 2024

Penerapan Model Konseling Analisis Transaksional Untuk Meningkatkan Kemampuan Public speaking Mahasiswa

Fadil Maiseptian (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)
Nurul Amami (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)
Erna Dewita (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat)
Elviana (Universitas Islan Negeri Syech Djamil Djambek)
Chici Pratiwi (Universitas Negeri Yogyakarta)
Nur Wisma (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2024

Abstract

Mahasiswa yang kurang terampil dalam public speaking cenderung mengalami kesulitan saat harus melakukan presentasi di kelas. Hal ini bisa berdampak pada penilaian mereka karena presentasi sering kali menjadi bagian penting dari evaluasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji tingkat kemampuan public speaking mahasiswa sebelum dan sesudah diberikan konseling analisis transaksional. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen, dengan pendekatan pre-eksperiment one-group pretest and posttest design. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Metode pengumpulan data menggunakan angket kemampuan public speaking mahasiswa dengan analisis uji rank bertanda Wilcoxon. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara skor pretest dan posttest yang terlihat dari rata-rata nilai pretest yaitu sebesar 126 dengan kategori sedang dan posttest sebesar 186 dengan kategori tinggi. Dalam hal ini, konseling analisis transaksional efektif meningkatkan kemampuan public speaking mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...