Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 3 (2024): DIDAKTIKA Agustus 2024

Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SMAN 2 Sumedang

Isma Nurlaeliah (Universitas Islam Nusantara, Indonesia)
Angger Saloko (Universitas Islam Nusantara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2024

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan gambaran tentang sikap dan perilaku orang tua dalam berinteraksi dengan anak selama mengadakan kegiatan pengasuhan untuk membentuk perilaku anak yang baik. kecerdasan emosional memiliki peran yang sangat penting untuk mencapai kesuksesan di sekolah maupun dalam berkomunikasi di lingkungan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tau pengaruh pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional di SMAN 2 Sumedang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumupulan data nya menggunakan angket. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa di SMAN 2 Sumedang dan sampel penelitiannya adalah kelas X dan XI berjumlah 115 siswa. Berdasarkan hasil uji normalitas diketahui nilai signifikansi 0,200. Berdasarkan uji linearitas diperoleh nilai sig 0,000. Dan Berdasarkan uji regresi terdapat nilai sig 0,17. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara pola asuh orangtua terhadap kecerdasan emosional anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...