Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 3 (2024): DIDAKTIKA Agustus 2024

Analisis Penyebab dan Strategi Untuk Mereduksi Miskonsepsi IPA di Sekolah Dasar: Systematic Literature Review

Reni Hartanti (Universitas Negeri Surabaya)
Sri Endarwati (Universitas Negeri Surabaya)
Aulia Kholifatul Khasanah (Universitas Negeri Surabaya)
Dian Wahyu Marpaung (Universitas Negeri Surabaya)
Julianto (Universitas Negeri Surabaya)
Fitria Hidayati (Universitas W.R. Supratman)
Kurniasari (Universitas W.R. Supratman)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2024

Abstract

Pemahaman konsep pada pembelajaran IPA penting dimiliki untuk menghindari adanya miskonsepsi, namun peserta didik sekolah dasar saat ini masih mengalami miskonsepsi tersebut. Tujuan pada penelitian ini adalah menganalisis penyebebab miskonsepsi serta strategi untuk mereduksi miskonsespsi IPA di Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR). Tujuan penelitian metode Systematic Literature Review (SLR) untuk mengevaluasi, meninjau dan mengenali penelitian yang relavan sehingga mampu menjawab pertanyaan pada penelitian yang ditentukan. Hasil penelitian dari menganalisis ini bahwa masalah yang paling sering dihadapi adalah terjadinya miskonsepsi mahasiswa terhadap materi, konsep dalam pembelajaran yang cukup banyak, sumber berbahasa Indonesia yang minim, masih kurang mampu mengonstruksi pembelajaran IPA, serta guru belum memahami konsep IPA dengan baik, dan faktor internalnya adalah siswa kurang minat dan motivasi dalam pembelajaran sehingga terkesan kurang pemahaman. Strategi yang digunakan untuk mereduksi akibat miskonsepsi adalah menggunakan pembelajaran yang baru dan variatif utamanya menggunakan metode mindscaping karena dapat mengurangi miskonsepsi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...