Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 3 (2024): DIDAKTIKA Agustus 2024

Implementasi Student Centered Learning (SCL) dalam Meningkatkan Prestasi Siswa

Anis Salsabila (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Togo Ambarsari)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Student Centered Learning (SCL) merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan metode pengajaran yang berfokus pada penciptaan hubungan dengan minat siswa dan hal-hal yang mereka pelajari di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi student centered classroom dalam meningkatkan prestasi siswa MTsN 1 Bondowoso. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi selama 1 bulan di MTsN 1 Bondowoso. Subjek penelitian adalah adalah siswa MTsN 1 Bondowoso dipilih menggunakan konsep student centered classroom, Hasil penelitian ini adalah guru mampu menggerakan kemandirian siswa dengan pengelolaan kelas yang asyik dan menyenangkan, guru guru hanya menjadi pengarah dan memberikan saran jika ada siswa yang keluar dari prinsip-prinsip mata pelajaran yang sudah di sepakati guru disini akan berperan sebagai pendamping atau fasilitator untuk siswanya pada saat pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...