Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 13 No. 3 (2024): DIDAKTIKA Agustus 2024

Perspektif Buya Hamka tentang Urgensi Spiritual Quotient (SQ) dalam Pendidikan Islam

Adintya Salsabilla (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Nurussakinah Daulay (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan)
Mohammad Al Farabi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini mengulas pandangan Buya Hamka tentang urgensi Spiritual Quotient (SQ) dalam pendidikan Islam. Buya Hamka, seorang cendekiawan Muslim terkemuka abad ke-20, menekankan pentingnya pendidikan yang tidak hanya mengembangkan kecerdasan intelektual (IQ) dan emosional (EQ), tetapi juga kecerdasan spiritual (SQ) sebagai landasan utama dalam membentuk karakter dan moralitas individu Muslim. Penelitian ini menggali pemikiran-pemikiran Buya Hamka dari berbagai karya tulisnya, terutama dalam konteks pendidikan Islam di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis konten untuk mengidentifikasi konsep-konsep utama yang ditekankan oleh Buya Hamka mengenai SQ dan implikasinya dalam konteks pendidikan Islam. Temuan dari penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana Buya Hamka memandang SQ sebagai pondasi esensial dalam pembentukan insan Muslim yang seimbang secara spiritual, intelektual, dan moral. Implikasi dari penelitian ini dapat membantu pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran dalam pendidikan Islam untuk meningkatkan kesadaran spiritual dan moralitas generasi muda Muslim di era kontemporer.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...