Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah peran usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam pemerataan pendapatan. Untuk mempertahankan keunggulan, memanfaatkan peluang, mengurangi kelemahan, dan menghindari ancaman, penelitian ini menggunakan analisis SWOT (Strengh, Weakness, Oppurtunity dan Threats). Kelangsungan hidup perusahaan dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, yang dapat dianalisis dengan matriks IFAS (Internal Factor Assessment Strategy) dan EFAS (External Factor Assessment Strategy). Hasil analisis menunjukkan bahwa Rumah Makan Ayam Geprek R109 berada di kuadran IV (Defensif), yang kurang mendukung untuk pertumbuhan dan perkembangan, serta di kuadran I (Agresif), di mana rumah makan ini memiliki banyak peluang dan kekuatan. Secara keseluruhan, kelangsungan bisnis rumah makan ini didukung oleh faktor internal dan eksternal yang positif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024