Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum PAI di SMA Muhammadiyah 1 Sumenep , khususnya pada tiga aspek yang diteliti yaitu konsep kurikulum PAI, muatan nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum PAI, dan penguatan moderasi beragama dalam pembelajaran PAI. Penelitian  menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan rancangan multi kasus. Penelitian ini melibatkan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Analisis data, yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data, peneliti berdasarkan atas 2 kriteria yaitu triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan moderasi beragama melalui PAI melalui: 1) pengembangan kurikulum PAI dalam bentuk integrasai kurikulum nasional dan  kurikulum kurikulum Al-Islam meliputi aspek Al-Qur’an Hadits, akidah, akhlak, fikih, dan sejarah, yang merupakan bagian dari materi ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab) dan pengembangan konten; dan 2) penguatan moderasi beragama dalam pembelajaran PAI melalui penggunaan pendekatan pembelajaran berdeferensiasi.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023