Kualitas Lembaga Pendidikan Madrasah dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah kinerja pengawas dan Kepala Madrasah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menganalisis kinerja pengawas dan kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Aliyah Se Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian yang kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang memotret kepengawasan dengan plus minusnya. Dalam penelitian ini, Madrasah Aliyah se Kabupaten Lampung Timur menjadi subjek dan informan penelitian yakni: Madrasah Aliyah Negeri 1 Lampung Timur Kec. Batanghari, MA IC Lampung Timur way Jepara, MA Maarif Sekampung. Sampel diambil secara purposive sampling dan data dianalisis dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini adalah 1. Analisis kinerja pengawas  dan kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru dapat dikategorikan cukup baik  dapat dilihat dari kegiatan pengawasan yang dilaksanakan dengan mengadakan kunjungan kelas dan observasi langsung terhadap proses pelaksanaan pembelajaran di kelas. 2.Prestasi kerja yang diraih oleh pengawas khususnya dalam bidang penelitian masih perlu ditingkatkan. 3.Peran serta pengawas dalam upaya peningkatan mutu sekolah sangatlah minim. 4.Peran pengawas tidak banyak berpengaruh terhadap mutu pendidikan di Madrasah serta prestasi belajar siswa. Sekolah yang telah menorehkan beberapa prestasi menganggap bahwa kontribusi dari peningkatan mutu pendidikan di Madrasah merupakan hasil dari kemampuan kepala sekolah serta kinerja guru dalam melaksanakan pembelajarannya. Dengan demikian, penelitian ini merekemondasikan perlu adanya kerjasama yang solid antar pengawas dan pihak sekolah serta perlu dilakukannya optimalisasi pelatihan kepengawasan agar tugas kepengawasan dapat lebih meningkat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023